4 Manfaat Mengenal Allah

Ternyata jika manusia mau dan mampu mengenal Allah, banyak sekali manfaat yang akan didapat.
4 manfaat yang akan dibahas pada topik ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Keimanan dan Ketaqwaan Meningkat
    
Iman adalah sutau keyakinan, bukan hanya percaya tetapi juga yakin sepenuhnya bahwa Allah itu benar-benar ada. Iman itu tidak akan lengkap apabila tidak diiringi taqwa. Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab :
" Taqwa adalah seperti ketika dihadapan kita dihamparkan pecahan kaca, lalu kita harus berjalan diatasnya. Maka kita akan berjalan perlahan dan hati-hati agar tidak terkena pecahannya "
Maksudnya adalah jika kita yakin Allah itu ada dan mengawasi kita maka kita akan berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalani hidup.

Renungkanlah Surat An-Nuur ayat 45
" Tak satupun binatang melata di atas bumi ini melainkan Allah yang memberi rezekinya. Dia mengetahui tempat berdiam binatang-binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfudz) ". ( An-Nuur : 45)

2. Kebebasan dan Ketenangan
    Setelah mengenal Allah, rasa nenas dan tenang akan diperoleh. Bebas dari ketergantungan dan keterikatan padaselain Allah. Tidak percaya?? sudah banyak buktinya koq. Kalo belum percaya, buktikan sendiri.
   Jika kita sudah terikat dengan Allah, kita akan terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti krisis percaya diri, ketergantungan dengan hal-hal buruk cemas yang berlebih. akan tetapi kita akan lebih optimis, percaya diri, karena hanya kepada Allah-lah semuanya bermuara.
" (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanyaa dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram ". (Ar-Ra'd : 28)

3. Barokah dan kehidupan yang Baik
" Barangsiapa mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan " ( An-Nahl : 97)


4. Keridhaan Allah dan Surga
    Jika kita mengenal dan menaati Allah SWT, menjalani kehidupan sesuai dengan aturan-Nya, maka insya Allah kita akan mendapatkan Ridha dan Surga-Nya. Sudah bahagia dan hidup mulia di dunia, mati pun masuk surga dan abadi pula. Siapa sich yang tidak ingin?!
Ya tapi itu semua tidak gratis begitu saja.
 " Dan Allah menyeru (mereka) kepada negeri yang damai (surga) dan Dia menunjuk siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus. Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan (disediakan) kebaikan dan tambahan serta wajah-wajah mereka tidak tertutup oleh kegelapan dan tidak pula kehinaan. Mereka itulah ahli surga yang kekal didalamnya". (Yunus:25)