...Pokoke Kita Banget... Kajian Ayat Kehidupan ISLAMI...Pokoke Serba Gratis ...

Narsisme dan Eksibisionisme dalam pandangan Al-Qur'an


Perkembangan teknologi yang berkmbang asaat ini telah membawa pengaruh yang besar bagi umat. Teknologi memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas positif, tapi ada juga menjadi perantara terciptanya perilaku yang negative.

Pengaruh negative tampak pada menguatnya fenomena narsisme dan eksibisionisme yang makin gencar. Narsisme adalah kecenderungan suka mempertunjukan kelebihan diri. Sedangkan eksibisionisme adalah dorongan psikologis untuk menunjukan atau memperlihatkan hal-hal yang tidak senonoh.

Telepon genggam yang memiliki fasilitas kamera seringkali disalah gunakan sebagai alat perekam kelebihan diri (ketampanan atau kecantikan) hingga mempertunjukan bagian tubuh yang haram untuk dilihat oleh bukan muhrimnya. Tidak sedikit foto atau video porno direkam dan disebarluaskan melalui telepon.

Perkembangan jejarin sosialdi dunia maya juga telah merasuk dalam diri individu setiap muslim untuk lebih ‘unjuk gigi’. Situs-situs jejaring social seakan memberikan ruang yang sangat luas untuk bersikap narsis, bahkan cenderung menampilkan sisi eksibisionistis.

Perkembangan ini tentu saja memprihatinkan, karena perangkat teknologi yang tidak digunakan sebagaimana tuntunan Allah SWT. Allah SWT tidak melarang untuk mencintai diri sendiri, namun janganlah berlebihan.

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mempertebal dan memperkuat rasa percaya diri, manusia sangat dianjurkan untuk melihat anugerah dan karunia yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT.

Hanya saja, dalam mencintai diri sendiri, tidak harus menunjukan kelebihan diri di depan umum, Sikap narsis adalah gejala membanggakan kelebihan dan keunggulan diri, sehingga dapat menimbulkan sifat sombong dan takabur.

Sifat sombong ini yang dibenci oleh Allah SWT.
18Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”(QS Luqman : 18)


Sementara seorang eksibisionis, orang yabg suka mempertontonkan auratnya, dilarang karena dapat mendekatkan diri pada perbuatan zina. Setiap muslim diperingatkan untuk menjaga pandangan dan kemaluannya.



Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."(QS An-Nuur:30)

Disinilah kita diharuskan bersikap arif dan bijaksana dalam pemakaian teknologi. setiap perangkat teknologi tergantung pada siapa yang menggunakan teknologi itu "man behind the gun". tergantung siapa yang menggunakan, maka kebaikan atau keburukan yang akan tercipta.